Senin, 26 Juni 2017

Pindah Rumah Dapat Memicu Stress



Pindah ke rumah baru dengan lokasi strategis dan lebih luas pasti lebih menyenangkan. Namun, kebahagiaan ini seringkali terkendala persiapan pindahan rumah, karena diakui atau tidak, kegiatan yang satu ini cukup menguras pikiran dan tenaga.








Menurut hasil sebuah penelitian, pindah rumah merupakan satu dari lima hal yang memicu stres. Dalam penelitian tersebut disebutkan, tingkat stresnya mendekati stres sebuah perceraian. Sebanyak 70% responden menyatakan sering terbangun pada malam hari karena khawatir akan pindah rumah. Alasan yang membuat responden khawatir adalah repotnya urusan pindah rumah dan besarnya anggaran pindah rumah.

Mengutip laman Femalefirst, Alison Cork, seorang ahli di bidang pindahan rumah mengatakan, pindah rumah harusnya tidak usah sampai memicu stres. Fase ini seharusnya menjadi proses menyenangkan bagi seseorang untuk memasuki kehidupan baru, serta memiliki tetangga baru.

Ada banyak cara untuk mengusir stres kala proses pindah rumah, mulai merencanakan sendiri sampai meminta bantuan dari teman atau keluarga, atau meminta saran dari ahlinya," kata dia.

Namun, Alison mengakui, memang banyak hal yang harus dipikirkan dalam urusan pindah rumah. Ia pun merekomendasikan beberapa saran yang dapat membantu Anda bila dalam posisi seperti itu.






Rencana ke depan
Ingatlah untuk mengganti dengan segera pemasok kebutuhan rumah tangga anda setelah anda berpindah rumah. Jangan lupa memperbarui alamat baru dan memberitahukannya kepada keluarga, teman, juga kolega Anda.

Gunakan waktu dengan bijak
Setelah urusan pindah rumah ditangani sendiri, sebaiknya Anda gunakan mobil ukuran besar sehingga memudahkan Anda untuk mengangkut barang-barang. Menggunakan mobil lebih kecil, tentu akan lebih sering bolak-balik dan menghabiskan banyak waktu. Di samping itu, pastinya lebih melelahkan dan menguras tenaga.

Cari tempat makan sementara
Pada saat hari pindah rumah datang, serta semuanya sibuk memindah dan mengangkut barang, orang cenderung lupa mempersiapkan makanan dan minum. Untuk berjaga-jaga, mengingat tak ada perlengkapan untuk memasak, maka carilah kedai makan atau restoran terdekat yang bisa didatangi ketika jam makan tiba.

Siapkan dalam boks
Ketika hari pindah rumah tiba, persiapkan sebelumnya barang-barang penting dan selalu dibutuhkan lalu simpan dalam boks. Pastikan boks tersebut dekat dengan Anda, sehingga ketika dibutuhkan, barang tersebut tersedia dengan cepat.

Minta bantuan Jasa Pindahan
Sebelum pindah rumah, ukur kemampuan diri dalam hal mengangkut dan memindahkan barang-barang lama ke rumah baru. Bila ternyata Anda tak mampu melakukannya, mintalah bantuan yang lebih ahli mengurusi masalah ini. Tenaga bisa berupa Jasa Pindahan Rumah, juga tukang listrik dan gas yang mungkin diperlukan membenahi rumah anda.

Selengkapnya lihat di Tips Praktis PindahRumah